Saturday 1 November 2014

Resensi Supernova 5 Gelombang


Setelah dua tahun dari novel supernova sebelumnya, akhirnya Dee melaunching lanjutannya yaitu Supernova 5, Gelombang. Kali ini Dee mengangkat cerita dengan latar belakang suku Batak, Danau Toba, Wall Street, Tibet. Tokoh utamanya bernama Alfa, dia dilahirkan dari suku Batak. Suatu hari saat diadakan upacara di suku tersebut, tiba-tiba Alfa didatangi sebuah makhluk yang sangat besar dan hitam, dia adalah Si Jaga Portibi. Ia muncul dalam mimpi Alfa berkali-kali. Makhluk itu terus membayanginya sampai ia ke Jakarta dan bahkan setelah ia pindah ke Wall Street, Amerika.

Suatu hari dia bertemu seorang dokter di Amerika yang sangat ahli dalam menangani gangguan tidur, Alfa yang selama ini diangap insomnia ini akhirnya meminta bantuan dokter tersebut. Namun Alfa akhirnya menyerah karena ia tetap tidak mengerti dengan mimpi yang terus mengganngunya. Sampai akhirnya ia mendapat petunjuk untuk menemui seseorang. Namun orang tersebut sudah lama tidak diketahui keberadaannya, terakhir ada di Tibet. Akhirnya Alfa memutuskan pergi ke Tibet, di sinilah pertanyaan yang selama ini menggaung di kepalanya mulai menemukan jawabannya satu per satu.

Dalam Gelombang, kita akan mulai memahami keterkaitan antara tokoh-tokoh yang ada di Supernova sebelumnya. Bahkan di bagian awal tokoh Diva yang muncul pada  Supernova 1 muncul di bab awal, sedangkan Ishtar yang muncul di Supernova Akar muncul juga di buku ini dan ia bertemu dengan Alfa.

Saya semakin suka dengan tulisan Dee, mulai dari supernova 1-5, menurut saya penulisan terbaik adalah supernova Gelombang. Alurnya lebih mudah dipahami, walaupun di bagian tengah agak sedikit bagian yang membosankan, yaitu saat settingannya berada di Wall Street. Tadinya sebagai pembaca saya berharap lebih "waow" saat karirnya di Wall Street.

Secara keseluruhan saya sangat menikmatinya. Saya sangat suka saat Dee mengangkat Suku Batak sebagai latar belakang lahirnya tokoh utamanya, nuansa sakral di dalamnya sangat terasa. Di bagian penutup Dee menjelaskan bahwa masih ada 2 tokoh lagi. Saya tidak sabar menunggu supernova selanjutnya?

No comments:

Post a Comment